Aku dan Ciburuan

Aku adalah seorang manusia yang sedang belajar bagaimana menghadapi kehidupan ini. Yang ternyata di dalamnya ada pilihan yang harus aku pilih. Aku seperti hidup dalam dua kehidupan, berada di dua dunia yang berbeda. Berada di dunia pedesaan dengan segala kenyamanan dan kenangannya dan dunia perkotaan dengan segala tuntutannya. Berada di dunia yang mengejar dunia dan berada di dunia yang mengejar akherat.

Bisakah kedua-duanya bersatu padu dalam satu genggaman…?

Mungkin saja dan masih memungkinkan

*****

Identitas aku yang sebenarnya adalah nama aku cukup pendek, dan mungkin saja tanpa arti: AMID. Walau besar kemungkinan tanpa arti, aku pernah menjumpai kata amid dalam majalah berbahasa Inggris dan kata tersebut memiliki arti di tengah-tengah. Jadi mungkin saja, orang tuaku atau orang yang memberi nama kepadaku dengan nama AMID, pernah berkunjung ke negeri seberang sana atau setidaknya pernah mengenal Bahasa Inggris.

Itu adalah namaku. Kemudian jenis kelamin aku, aku sebagai seorang laki-laki, yang mungkin dan pastinya tidak akan berubah menjadi seorang perempuan.

Aku besar dan menghabiskan masa kecilku di kampungku. Pada usia sekitar 7 tahun aku masuk sekolah dasar di SD Negeri Ciburuan, yang jaraknya sekitar 1 km dari kampungku. Setelah SD aku melanjutkan sekolah di SLTP Negeri 3 Tanjungkerta, yang sekarang sudah berganti nama menjadi SMP Negeri 1 Tanjungmedar, seiring dengan pemekaran kecamatan. Dari sana kemudian melanjutkan sekolah ke SMU Negeri 1 Cimalaka. Habis menyelesaikan sekolah, kemudian aku masuk ke dunia perkuliahan di Bandung dengan masuk ke STT Mandala jurusan Teknik Elektro dengan konsentrasi Teknik Komputer.

Mengenai data yang lainnya, bisa dilihat di profil fesbuk aku di alamat http://www.facebook.com/amid.abdul.malik.imanuddin.

Amid ‘Abdul Malik Imanuddin’ | Create Your Badge

*****

Sementara Ciburuan adalah tempat dimana aku dilahirkan ke dunia ini. Ciburuan menjadi tempat menghasilkan dan menghabiskan kenangan masa kecil. Ciburuan menjadi tempat terindah yang pernah aku lalui, dengan segala keadaannya: keadaan lingkungan, keadaan orang-orangnya dan budayanya; dengan segala cita-citanya: menjadi tempat yang makmur, subur, dan menyenangkan bagi penghuninya.

Ciburuan merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang. Letaknya lumayan jauh dari kota, karena berada di dekat perbatasan antara kabupaten Sumedang dengan kabupaten Subang. Secara geografis, Ciburuan berada di wilayah perbukitan yang di kelilingi oleh hutan dan perkebunan.

Letak Kampung Ciburuan

Untuk mencapai Ciburuan bisa melalui sebuah jalan besar yang beraspal walau sudah rusak. Jarak tempuh dari kota Sumedang sekitar 25 km jika melalui Cimalaka.

Foto Kampung Ciburuan dari Satelit (Sumber: wikimapia.org)

 

Advertisements

31 thoughts on “Aku dan Ciburuan

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s