Mengenal Sistem Input/Output PC/104


PC/104 (atau PC104) merupakan sebuah standar komputer embedded yang dikontrol oleh PC/104 Consortium yang mendefinisikan ukuran bentuk dan bus komputer. PC/104 dimaksudkan untuk lingkungan komputasi embedded dimana aplikasi teragntung pada akuisisi data yang dapat dipercaya meskipun seringkali dalam lingkungan yang ekstrim. Spesifikasi ukuran bentuk seringkali langsung dibeli oleh vendor COTS, yang mungkin akan menguntungkan bagi pengguna yang ingin mengkostumisasi sistem rugged, tanpa perlu merancang dan menyusun berbulan-bulan.

Tidak seperti bentuk ukuran ATX yang populer yang memanfaatkan bus PCI dan sedang digunakan kebanyakan PC, bentuk ukuran (form factor) PC/104 tidak memiliki backplane, dan sebagai penggantinya mengijinkan modul ditumpuk bersama-sama seperti blok bangunan. Penumpukan bus secara alamiah lebih rugged daripada PC biasa. Hal ini sebagai hasil dari lubang pemuatan di sudut tiap modul yang mengijinkan papan untuk lebih cepat dipasangkan.

Ukuran papan (board) standar sesuai dengan ukuran 3,55 × 3,775 inchi (90,17 × 95,89 mm), sementara tingginya tergantung batas konektor. Tinggi daerah pembatas menjamin modul-modul tidak akan bersinggungan. Vendor seringkali mengikuti pembatasan rancangan untuk menjamin penumpukan modul yang sesuai, walaupun itu bukanlah keumuman untuk menemukan papan yang mengabaikan kebutuhan ukuran bentuk.

Sementara sistem umumnya (juga diasukan sebagai tumpukan) termasuk motherboard, konverter analog ke digital, dan modul I/O (akuisisi data) digital, periferal yang lain ditemukan di pasaran seperti penerima GPS, pengontrol IEEE 802.11, dan pengontrol USB.

Sebuah komputer papan tunggal PCI-104

Ukuran Bentuk

PC/104

Bus komputer PC/104 (pertama kali dirilis pada tahun 1992) menggunakan 104 pin. Pin-pin tersebut termasuk semua jalur normal yang digunakan dalam bus ISA, dengan penambahan pin ground untuk menjamim integritas bus. Pewaktuan sinyal dan level tegangan sama dengan bus ISA, dengan kebutuhan arus yang lebih rendah.

PC/104-Plus
Ukuran bentuk PC/104-Plus menambahkan dukungan bus PCI, sebagai tambahan ke bus ISA dari standar PC/104. Namanya diturunkan dari aslinya: modul PC/104-Plus merupakan yang memiliki konektor PC/104 (ISA) ditambahn konektor PCI. Salah satu rancangan yang memperhatikan PC/104-Plus tersedia papan real estate, yang banyak digunakan oleh konektor bus.

PCI-104

Ukuran bentuk PCI-104 hanya menyertakan konektor PCI (dengan menghilangkan konektor ISA), in an effort to increase the available board real estate. The vast majority of boards still use only the ISA-based PC/104, and are thus incompatible with PCI-104.

Stack

Sistem yang tersusun dari modul PC/104, PC/104-Plus, atau PCI-104 kadang ditunjukkan sebagai “stack”. Walaupun banyak tumpukan termasuk modul yang semuanya memiliki bentuk ukuran yang sama, itu tidak umum menemukan modul PC/104 ditumpuk dengan modul PC/104-Plus.

Tiap tumpukan harus mengandung sekurangnya satu buah motherboard atau CPU, yang berperan sebagai pengontrol untuk komponen periferal. Motherboard seringkali diacukan sebagai sebuah komputer papan tunggal (single board computer (SBC)), untuknya seringkali memiliki antarmuka bagi semua komponen PC standar (seperti keyboard, mouse, port serial, dan sebagainya). Pengontrol ini harus mendukung pensinyalan bus yang digunakan dalam semua modul yang ditambahkan. Itu mungkin, bagaimanapun, bahwa sebuah kartu periferal melakukan fungsi dia sendiri tanpa memerlukan motherboard terpisah untuk mengontrolnya.

Tidak ada batasan jumlah kartu PC/104 yang bisa ada dalam sebuah sistem. Bagaimanapun, lebih banyak modul yang ditambahkan, semakin tinggi tumpukan, dan keperluan pensinyalan mungkin tidak terpelihara. Sebuah tumpukan PC/104 biasa akan memiliki pengontrol motherboard yang juga PC/104. Karrtu periferal PC/104 bisa tetap di salah satu sisi mikroprosesor.

Tumpukan yang memiliki modul PC/104-Plus harus dikontrol oleh pengontrol motherboard PC/104-Plus. Dengan tidak menambahkan pengontrol PC/104-Plus, jumlah kartu periferal PC/104-Plus dalam tumpukan tidak melebihi empat modul terpisah. Hal ini karena spesifikasi PCI, yang mengijinkan empat komponen PCI dalam sebuah sistem. (Lebih banyak divais PCI mungkin ditambahkan jika divais jembatan digunakan.) Aturan yang sama diterapkan ke tumpukan PCI-104.

Ketika konektor bus PCI digunakan (PC/104-Plus or PCI-104 modules), semua modul PC/104-Plus periferal harus menghubungkan secara konsekutif di satu sisi pengontrol karena kebutuhan pensinyalan bus PCI. Tiap kartu dengan bus PCI hendaknya menyertakan mekanisme untuk menandai posisi ke referensi pengontrol. Catat bahwa hal ini tidak perlu untuk backplane motherboard tradisional, karena kartu “mengetahui” dimana slotnya berada. Sebuah sistem PC/104-Plus atau PCI-104 mungkin juga memiliki kartu PC/104, yang mungkin ditempatkan di salah satu sisi CPU jauh dari kartu PC/104-Plus (sehingga bus PCI tidak jelek).

Penyimpanan populer

Sistem PC/104 yang kecil dan rugged seringkali memerlukan divais penyimpanan yang kecil. Divais penyimpanan populer termasuk  Compact Flash sebaik divais solid state disk (SSD). Media ini seringkali lebih populer daripada hard drive mekanis, yang lebih besar, dan lebih mudah rusak dalam lingkungan yang keras.

Perkembangan

 

(Sumber: http://simpel.150m.com/)

One thought on “Mengenal Sistem Input/Output PC/104

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s