Mengenal Soket dan Slot Prosesor


Untuk memasang prosesor (istilah lain untuk mikroprosesor) pada papan motherboard, biasanya digunakan perantara yang disebut dengan soket prosesor. Selain soket, ada juga yang dinamakan dengan istilah slot prosesor. Soket prosesor merupakan komponen yang digunakan untuk memasang prosesor beserta pendingin prosesor. Soket didesain untuk memasang prosesor dengan konektor yang sangat banyak.  Bentuk soket ini biasanya berbentuk persegi yang di dalamnya ada banyak lubang kecil berbentuk matrik dua dimensi yang digunakan untuk memasang pin-pin prosesor. Selain itu juga dilengkapi dengan tuas pengunci yang digunakan untuk mengunci prosesor setelah dipasang pada soket tersebut sehingga tidak mudah lepas atau goyah.

Soket prosesor menyediakan banyak fungsi seperti menyediakan struktur fisik untuk medukung prosesor termasuk mendukung pemasangan kipas pendingin, memfasilitasi penggantian prosesor jika ingin mengganti prosesor dan yang terpenting adalah membentuk hubungan atau antarmuka antara prosesor dengan motherboard. Soket ini biasanya dipasang dan ditemukan pada komputer desktop dan server untuk komputer berbasiskan arsitektur Intel x86.

Slot prosesor beserta prosesornya (sumber foto: http://www.kids-online.net/learn/click/details/p2.jpg)

Selain soket, ada juga yang dikenal dengan slot prosesor. Slot ini juga sama digunakan untuk memasang prosesor. Yang membedakan adalah bentuk fisiknya. Bentuk slot biasanya memanjang sebagaimana bentuk dari slot-slot untuk memasang kartu (card) pada motherboard. Slot digunakan untuk memasang prosesor yang dipasang pada papan PCB tersendiri.

Dengan berkembangnya prosesor yang mempengaruhi juga bentuk fisik dari prosesor, maka ada perubahan-perubahan yang terjadi pada konektor atau pin-pin prosesor. Perubahan ini mempengaruhi juga pada perubahan soket prosesor. Sehingga ada perbedaan fisik antargenerasi soket prosesor. Perubahan yang terjadi bisa hanya dalam jumlah pin atau juga perubahan total dari bentuk soket itu sendiri.

Selain perbedaan generasi prosesor, yang mempengaruhi bentuk fisik dari soket adalah pembuat prosesor itu sendiri. Sehingga tidak mengherankan dari mulai generasi awal prosesor khususnya prosesor dengan arsitektur Intel x86, hingga generasi terakhir ada banyak jenis soket dan slot prosesor.

4 thoughts on “Mengenal Soket dan Slot Prosesor

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Robih )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Robih )

Connecting to %s