Komponen Penyusun Motherboard


Motherboard komputer, khususnya motherboard komputer PC disusun atas berbagai komponen yang diperlukan dalam membangun sebuah sistem komputer. Komponen-komponen yang umumnya ada dalam sebuah motherboard adalah:

Sumber foto: http://www.thgtr.com/motherboard/20041125/images/board-big.jpg
  1. Soket Prosesor. Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja.
  2. Slot Memori. Slot ini digunakan untuk memasang memori utama komputer. Jenis slot memori juga berbeda-beda, tergantung sistem yang digunakannya.
  3. Northbridge, merupakan sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.
  4. Southbridge, sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.
  5. Slot PCI Express x16, merupakan slot khusus yang bisa dipasangi kartu VGA generasi terbaru.
  6. Slot PCI Express x1, merupakan slot untuk memasang periferal (kartu atau card) lainnya selain kartu VGA.
  7. Slot AGP, merupakan slot khusus untuk memasang kartu VGA generasi sebelum adanya slot PCI Express.
  8. Slot PCI, merupakan slot umum yang biasa digunakan untu memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express.
  9. BIOS (Basic Input-Ouput System). Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.
  10. Baterai CMOS, baterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.
  11. Port SATA, merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.
  12. Port IDE, merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.
  13. Port Floppy Disk, digunakan untuk menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.
  14. Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer.
  15. Back Panel, merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC. Port atau colokan yang biasanya ada di belakang casing komputer PC adalah:
  16. Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer.
  17. Port PS/2 Keyboard, untuk memasang keyboard.
  18. Port Paralel, untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
  19. Port Serial, digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.
  20. Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.
  21. Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.
  22. Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
  23. Port USB, digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.
  24. Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.
Sumber foto: http://i31.tinypic.com/jhqweg.jpg

62 thoughts on “Komponen Penyusun Motherboard

  1. maksudya itu kan komponen motherboard cuma ada penjelasanya sedikit, alangkah bagusnya kalau di beri kerusakan yang sering di alami dan bagaimana cara mengatasinya. contoh :

    Soket Prosesor : kerusakanya yang sering terjadi komputer hang (misalnya) cara mengatasinya dengan membeli prosesor baru atau dengan menginstallnaya kembali

    Like

    • 1. Chipset
      Chipset merupakan kumpulan beberapa komponen IC yang membangun sebuah sistem khususnya komputer. IC-IC ini didesain khusus untuk bisa berkomunikasi dengan komponen lainnya yang menjadi standar misalnya perangkat input-output dan juga berkomunikasi dengan mikroprosesor. Chipset dibuat secara spesifik untuk berkomunikasi dengan mikroprossesor tertentu. Jadi tidak semua chipset yang bisa digunakan untuk berbagai mikroprosesor. Perbedaan generasi mikroprosesor mempengaruhi juga generasi chipset yang dibuat.
      Chipset yang digunakan dalam motherboard komputer, biasanya berperan sebagai jembatan antara mikroprosesor dengan komponen lainnya seperti memori, komponen input-output (port USB, SATA/PATA, Firewire dll). Mikroprosesor tidak bisa langsung berkomunikasi dengan komponen input-output tanpa perantara chipset ini. Arus komunikasi yang terjadi antara mikroprosesor dengan input/output harus melalui chipset. Dulu, chipset biasanya dibangun atas dua komponen utama yang disebut dengan Northbridge dan Southbridge. Chipset Northbridge berperan untuk menghubungkan mikroprosesor dengan memori dan kartu VGA (melalui Port AGP atau PCI Express), sementara chipset Southbridge berperan menjadi perantara antara mikroprosesor dengan komponen input-output lainnya yang memiliki kecepatan transfer data rendah seperti Port USB, Serial, Firewire dll.
      Pekembangan selanjutnya saat ini, chipset ini ada yang digabungkan dengan mikroprosesor. Hal ini terutama untuk chipset Northbridge. Chipset Northbridge pada komputer modern saat ini digabungkan ke dalam mikroprosesor. Dengan demikian, mikroprosesor dapat berkomunikasi langsung dengan memori tanpa melalui chip Northbridge yang terpisah. Hal ini untuk menghindari latensi atau keterlambatan komunikasi data antara mikroprosesor dengan memori komputer. Sehingga aliran data akan lebih cepat yang berakibat adanya peningkatan kinerja komputer.
      Sementara untuk chipset Southbridge, tetap ada dan terpisah dari mikroprosesor. Hal ini dikarenakan aliran data dengan komponen input/output tidak terlalu signifikan perubahannya. Perkembangan kecepatan transfer data antara memori-mikroprosesor dengan input/output-mikroprosesor, ada perbedaan yang cukup jauh.

      2. Slot RAM
      Merupakan slot atau tempat yang ditempatkan di dalam motherboard yang digunakan untuk menempatkan memori utama komputer. Slot ini bentuknya biasanya memanjang, tergantung dari panjang keping PCB memori yang tersedia. Dengan adanya slot memori ini, memudahkan pengguna komputer untuk mengganti atau menambahkan kapasitas memori komputernya.

      3. Slot Ekspansi
      Sebagaimana slot memori, slot ekspansi merupakan tempat yang bentuknya hampir sama dengan slot memori. Hanya saja fungsinya yang berbeda. Slot ekspansi merupakan slot yang digunakan untuk menancapkan kartu atau PCB yang berisi rangkaian tambahan yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja dan manfaat komputer. Slot ekspansi biasanya berupa kartu suara (Sound Card), kartu video (VGA Card), kartu jaringan (Network Interface Card), dll. Dengan adanya slot ekspansi ini, kemampuan komputer bisa ditambah atau ditingkatkan. Untuk memakai kartu video tambahan atau pengganti yang lebih baik daripada kartu video bawaan komputer, bisa dilakukan dengan menggunakan slot ekspansi ini. Begitu juga dengan kartu suara atau kartu jaringan.

      4. FOD Port
      [Maaf, belum menemukan Port FOD]

      5. Cache Memori
      Merupakan memori kecil yang memiliki kecepatan melebihi kecepatan memori biasa. Cache memori biasanya ditempatkan di dalam mikroprosesor, dan ukuran kapasitasnya biasanya kecil.
      Dalam melakukan tugasnya, mikroproser agar bisa maksimal membutuhkan asupan atau pasokan data dan program yang harus dieksekusi secepat mungkin. Kinerja mikroprosesor sangat dipengaruhi oleh ketersediaan data yang akan diprosesnya, sehingga diperlukan memori tempat penyimpanan data sementara yang memiliki kecepatan tinggi. Untuk itulah dibuatkan cache memori yang berfungsi untuk menyimpan data/program sementara yang akan dieksekusi oleh mikroprosesor.
      Cache memori memiliki kecepatan yang sama dengan kecepatan mikroprosesor. Karena kecepatannya ini, ongkos produksinya atau pembuatannya membutuhkan biaya yang besar. Akibatnya, kapasitas cache memori itu sangat kecil jika dibandingkan dengan memori utama komputer.

      Like

  2. Simply desire to say your article is as surprising. The clarity in your post is just cool and i can assume you’re an expert on this subject. Fine with your permission allow me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the enjoyable work.

    Like

  3. I’ve been browsing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. Personally, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the net will be a lot more useful than ever before.

    Like

  4. First off I would like to say great blog! I had a quick question that I’d like to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your head prior to writing. I have had a difficult time clearing my mind in getting my thoughts out. I do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes tend to be wasted just trying to figure out how to begin. Any suggestions or tips? Appreciate it!

    Like

  5. Generally I don’t read post on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to check out and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, very nice article.

    Like

  6. I think this is among the such a lot vital info for me. And i am glad studying your article.
    But should commentary on few basic things, The site style is wonderful, the articles is in point of fact excellent :
    D. Good job, cheers

    Like

  7. berarti ini tipe ECS 915P-A (1.1) LGA 775 Intel 915P ATX Intel Motherboard ya ?
    saya mau tanya lagi kan spesifikasinya hanya yang umum saja, elco saya sudah tahu tapi audo chipnya yang mana sama chipset. soalnya tugas menggambar motherboard lalu spesifikasi motherboard harus lebih detail lagi. mohon bantuannya.

    Like

    • Iya tipe seperti disebutkan di atas.
      1. Untuk Audio Chipnya: letaknya di sebelah atas kiri (d atas no. 8) namanya C-Media CMI9880 8-channel audio CODEC
      2. Chipsetnya: Northbridge Intel 915P (no 3) dan Southbridge-nya Intel ICH6 (no. 4)

      Like

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s